Frequently Ask Questions


Akselerasi PPh 21 merupakan software penghitungan PPh 21 yang sangat fleksibel dengan perubahan dan berbagai kondisi, dapat diandalkan ketika Kantor Pajak melakukan konfirmasi atau pemeriksaan.
Akselerasi PPh 21 merupakan software perhitungan PPh Pasal 21 yang nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk penginputan eSPT PPh 21/26. Sedangkan eSPT PPh 21/26 merupakan aplikasi yang digunakan untuk melaporkan PPh 21 yang telah dipotong sesuai dengan format yang diatur dalam ketentuan perpajakan.
Bisa. Akselerasi PPh 21 dapat dijalankan secara bersamaan melalui network (client server) dengan pengaturan user yang fleksibel.
Dengan fitur "Aktivasi NPWP" Akselerasi PPh 21 dapat digunakan untuk mengelola lebih dari satu NPWP (Multi NPWP) dalam satu aplikasi, sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan manajemen data untuk masing-masing NPWP.
Dengan fitur grup account dan user account, Akselerasi PPh 21 dapat memberikan batasan hak akses kepada beberapa user tertentu sehingga data yang terdapat di akselerasi PPh 21 tidak dapat dibuka secara sembarang oleh user yang tidak diberikan hak akses.
Selain melakukan penghitungan PPh 21/26 secara otomatis, Akselerasi PPh 21 juga dapat  :
  • Membuat file CSV untuk diimpor ke dalam aplikasi e-SPT PPh PPh 21/26
  • Membuat dan mencetak Kertas Kerja penghitungan dalam bentuk Ms. Excel maupun file PDF untuk seluruh pegawai atau masing-masing pegawai
  • Menampilkan data Grafik Pemotongan PPh 21 dengan lintas masa pajak ataupun lintas tahun pajak.
  • Mencetak seluruh formulir SPT PPh Pasal 21 sesuai dengan PER - 14/PJ/2013
  • Menampilkan rekapitulasi Kurang/Lebih Bayar untuk masing-masing Pegawai akibat pembetulan SPT PPh 21/26
Melalui fitur "Komponen A1" Akselerasi dapat mengakomodir ragam komponen penghasilan sesuai dengan kebijakan perusahaan yang dapat dimapping sesuai jenis penghasilan pada formulir 1721 A1 pada SPT PPh 21/26
Akselerasi PPh 21 dapat mengakomodir penghitungan secara kumulatif bagi penerima penghasilan yang PPh 21-nya didasarkan atas jumlah kumulatif, termasuk pembayaran pesangon hingga 2 tahun sesuai dengan aturan perpajakan yang berlaku.
Pengguna dapat menggunakan fitur "Salin Nilai" pada menu Transaksi Pegawai A1 dari masa pajak sebelumnya untuk menyalin data penghasilan yang sifatnya flat.
Pengguna dapat menggunakan fitur "import" dalam bentuk Ms. Excel untuk memasukan seluruh data penghasilan ke dalam Akselerasi PPh 21. Selain itu, pengguna juga dapat mengeluarkan seluruh komponen penghasilan dalam bentuk Ms. Excel.
Melalui fitur "Online Update" Akselerasi PPh 21 dapat memperbaharui aplikasi dengan memberikan notifikasi apabila terdapat perbaikan system, peningkatan performa, perubahan hitungan dan sebagainya dengan menggunakan versi yang lebih baru.
Akselerasi PPh 21 dapat mengakomodir perubahan ragam kondisi subjektif dan perubahan keluar-masuk karyawan dengan menggunakan fitur "Sinkronisasi Data". Sebelumnya, pengguna terlebih dahulu harus mengubah atau memasukan data karyawan dalam master data pegawai A1.
Akselerasi PPh 21 sangat fleksibel dalam mengikuti kebijakan perusahaan sesuai dengan metode pemotongan PPh 21 yang diperbolehkan dalam aturan perpajakan seperti Gross method, Net method, Gross up method maupun Mixed Method.
Mixed Method merupakan salah satu metode pemotongan PPh 21 yang bertujuan untuk membagi beban pajak sehingga dapat dihitung PPh Pasal 21 yang harus ditanggung perusahaan maupun PPh Pasal 21 yang harus ditanggung oleh karyawan.

Metode ini merupakan kebijakan perusahaan terkait remunerasi karyawan yang tentunya harus mempertimbangkan berbagai aspek dan idealnya tertuang di dalam kontrak kerja, sehingga sejatinya seluruh perusahaan dapat menggunakan metode ini apabila terdapat karyawan yang aspek PPh 21 atas jenis penghasilannya dibagi menjadi beban karyawan dan beban perusahaan.
Fitur Keamanan :
  • Username dan Password
  • Security Database
  • Group Account guna melakukan pembatasan akses setiap User Akselerasi PPh 21 oleh perusahaan
Untuk menjaga keamanan database Akselerasi PPh 21 disarankan untuk melakukan back-up database secara rutin.
Bagi user yang mengalami permasalahan dalam menggunakan Akselerasi PPh21, User dapat langsung menghubungi tim kami di  customer.ortax.org
Dengan fitur lock akselerasi PPh 21, aplikasi Akselerasi PPh 21 dapat dipindah ke komputer lain dengan meminta license baru kepada admin. Namun hal ini hanya dapat dilakukan apabila nyata-nyata komputer awal tersebut tidak digunakan lagi dalam menggunakan Akselerasi PPh 21.
Walaupun User telah melaporkan SPT Masa PPh 21/26 sebelumnya ke KPP, User tetap dapat menggunakan Akselerasi PPh 21 dengan menggunakan fitur data eksternal. Fitur ini berfungsi untuk memasukkan penghitungan PPh 21 berdasarkan SPT yang sudah dilaporkan ke KPP tanpa melalui proses hitung.
Selain menghasilkan penghitungan PPh 21/26 sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung tax compliance Wajib Pajak, Akselerasi PPh 21 pun dapat menyediakan kertas kerja penghitungan secara detail serta menyiapkan fitur dokumen pendukung untuk memudahkan user dalam menyimpan dan/atau mendokumentasikan beberapa hal terkait seperti bukti penyetoran maupun pelaporan SPT, kontrak kerja karyawan, bukti pembayaran penghasilan kepada seluruh pegawai, rekapitulasi daftar hadir karyawan, maupun dokumen lainnya yang dibutuhkan oleh pemeriksa. Disamping itu, User juga dapat menggunakan fitur ekualisasi Masa/Tahunan yang sering digunakan oleh pemeriksa dalam membandingkan objek PPh 21/26 yang dilaporkan dalam SPT Masa PPh 21/26 dengan biaya yang dikeluarkan sehubungan dengan objek PPh 21/26 dalam SPT Tahunan PPh Badan.
Dalam rangka membantu Wajib Pajak untuk menghadapi pemeriksaan SPT Masa PPh 21/26, Akselerasi PPh 21 memberikan fitur berupa Ekualisasi Masa yang dapat dilakukan secara rutin setiap masa pajak atau Ekualisasi Tahunan yang dapat dilakukan juga dalam 1 (satu) tahun sekali. Fitur ini berfungsi untuk membandingkan jumlah bruto dalam SPT PPh 21/26 pada Akselerasi dengan buku besar (General Ledger) dari perusahaan yang bersangkutan untuk setiap Masa/Tahun Pajak.

Apabila terdapat selisih, maka User dapat menjelaskan penyebab selisih tersebut di dalam Akselerasi PPh 21 sebelum dilakukannya pemeriksaan.
Ya bisa. Pegawai Tetap yang berhenti bekerja baik dipertengahan tahun berjalan maupun berhenti di Masa Pajak Desember secara otomatis dapat dibuatkan secara langsung Bukti Potong 1721-A1 untuk diberikan kepada pegawai yang bersangkutan.
Untuk menghitung PPh 21 bagi pegawai yang dipindahkan ke kantor pusat/cabang ditengah tahun berjalan, tentunya penghasilan neto dan PPh 21 sebelumnya harus diperhitungkan kembali oleh pihak pemotong sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam kasus ini, Akselerasi PPh 21 telah mengakomodir dengan menggunakan fitur pindah cabang/perusahaan. Melalui fitur ini, kantor pusat/cabang tidak perlu lagi menginput data pegawai A1 dari kantor pusat/cabang sebelumnya, cukup menginput penghasilan lalu melakukan proses hitung.
Bisa. Formulir SPT Masa PPh 21/26 pada Akselerasi PPh 21 telah disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku saat ini, yaitu PER - 14/PJ/2013.
Ya. Dalam software Akselerasi PPh 21 terdapat fitur Tarif BPJS. Fitur Tarif BPJS ini berfungsi untuk membantu User dalam menjumlahkan secara otomatis nilai dari Premi Asuransi yang menjadi objek PPh 21 dan menentukan nilai Iuran JHT termasuk iuran pensiun yang menjadi pengurang dalam penghitungan PPh 21. Penentuan tarif BPJS ini pun sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat ini dan dapat disesuaikan oleh User.
Dengan membeli software Akselerasi PPh 21, user akan dipandu secara komprehensif terkait teknis penggunaan aplikasi dan pemahaman PPh Pasal 21, dengan mendapatkan benefit sebagai berikut:

  1. Gratis Training Penggunaan*;
  2. Gratis Training “Updating PPh Pasal 21”*;
  3. Gratis Konsultasi tentang Pajak atau Teknis Penggunaan di  Ortax Customer Area (OCA), di link berikut:  customer.ortax.org  
  4. Buku Manual Penggunaan (Softcopy & Hardcopy);
  5. Akses Manual Penggunaan  dalam bentuk Audiovisual di Youtube Chanel Ortax
*syarat dan ketentuan berlaku

Masih Ragu ??

  • Free Training PPh 21
  • Free Training Penggunaan Aplikasi
  • Free Konsultasi PPh 21 dan Aplikasi

Training Purchase Now

100% Money Back Guarantee